Ujian Badge 2010


21 Februari 2010

Di mulai dari pukul 05.30 wita  hingga pukul 14.00 Wita para Kenshi telah bersiap untuk mengikuti ujian Badge Dojo kami. pukul 05.30 kami mulai persembahyangan di Patmasana memohon kelancaran Ujian hari ini, seusai persembahyang para peserta pun di beri pengarahan dari para Sinpai. Pertama Sinpai Leonard atau yang kerap disapa  Sinpai Leon (Kyu II). di Dojo kami ia terkenal dengan cara melatihnya yang tegas dan keras. Sinpai leon berasal dari NTT yang tentunya sudah tidak diragukan lagi tentang bagaimana kenshi-kenshi disana berlatih. Cara kepelatihan tersebut tak jarang ia terapkan di Dojo kami sehingga saat Sinpai leon memberi pengarahan, seluruh peserta ujian dengan penuh konsetrari memperhatikan Sinpai Leon. lalu ke dua adalah saya (heheheh…) saya (Tole, I Dan) hanya memberi bekal untuk ujian nanti.

Acara kami lanjutkan dengan Lari pagi di sekitar daerah kami, Aldo seorang peserta memimpin teman-temannya untuk berlari pagi itu, tepatnya pukul 6 pagi. Pukul 08.00 Wita, Upacara Tradisional Kempo. saat itu keadaan Dojo kami sedang ramai, maklum Dojo kami yang bernaung di sebuah sekolah jadi banyak kegiatan siswa pada hari tersebut. Namun keramaian tersebut tiba-tiba terhenti… ketika  saya di tugaskan Oleh Sinpai Gede untuk membaca Janji dan Ikrar. saat itu saya Mengucapkan Janji dan Ikrar dengan suara yang Lantang, dan itu semua diikuti Oleh seluruh kenshi dan peserta ujian. dan itu semua membuat seluruh keramaian yang ada menjadi sunyi. mereka terkagum-kagum melihat kami saat itu, dan disaat Hanza pun mereka tetap diam memperhatikan kami. uhf…. aku sendiri kaget…. tumben kali ini aku mengucapkan Janji dan Ikrar dengan semagat yang menggelora, heheheh……

Ujian Teori dimulai…

hahahha….. selanjutnya Ujian teori. sebelumnya anak-anak di Dojo sudah belajar keras, terbukti hampir setiap hari mereka sms saya menanyakan tentang materi ini itu… hahhahah,…….

Saat itu kami melakukan ujian teori di lapangan tempat kita berlatih. mumpung di sekolah saat itu sangat ramai, jadi kita manfaatkan untuk promosi juga. sekaligus mengenalkan bahwa Shorinji Kempo tidak mengajarkan Praktek, namun semua itu harus di imbangi dengan teori. Hal hasil ada 2 orang yang bertanya-tanya tentang Kempo kepada saya. heheheh…. Awal yang baik.

Di sela-sela para peserta melaksanakan Ujian teori, kita para kenshi senior melakukan latihan-latihan ringan dan dilanjutkan pemberian teknik Randori oleh sinpai gede….  “bugk…plagk…bug….Aa…a…” bunyi do dan kiai yang tertendang lagi-lagi membuat keramaian di lapangan tertuju kepada kami. mereka terheran-heran melihat kami melakukan tendangan tersebut. hahahha…. padahal kita sudah memakai Do…

saat itu kami juga kedatangan Sinpai Toto Noya yang saat itu datang bersama keluarganya. saat itu suasana benar-benar sangat ramai. sayang kami lupa berfoto bareng bersama Sinpai Noya.

Ujian kami lanjutkan dengan Latihan dan Upgreading teknik.

saat itu pukul 9 pagi, namun cuaca kota Denpasar sudah sangat terik dan menyengat. namun semangat peserta ujian sampai saat itu masih tetap terjaga dengan baik. pukul 11 pagi akhirnya mereka sudah kepayahan, saat itu saatnya latihan Ukemi (cara menjatuh kan tubuh). Di permukaan yang berbeton tersebut mereka tanpa rasa takut melakukan gerakan mae kaiten, Ushiro kaiten, Yoko Kaiten, Daisaren. sungguh keberanian yang sangat hebat mengingat umur mereka sekitar 12-13 tahun dan hanya beberapa saja yang sudah kuliah dan bekerja. Pukul 12.00 inilah saatnya, mereka sudah payah, sudah sangat haus dan saat itu cuaca sangat-sangat panas. tradisi di dojo kami setiap kali ujian Badge adalah menguji ketahanan Fisik dan Mental sebelum resmi menjadi anggota dari Dojo kami. dan Ujian selanjutnya adalah Randori… ini Ujian Fisik yang terberat menurut kami, karena disisa tenaga yang mungkin hanya tersisa 10%, mereka harus bertarung. dan sebagai Motivasi kami memberikan hadiah bagi siapa yang menang berupa sebotol air mineral. sebetol air bagi mereka sangat berharga saat itu, hahahah….. suasana benar-benar tidak mendukung… (so HOT).

akhirnya mereka melakukan ujian Randori tersebut dengan baik. dan selanjutnya acara yang paling di tunggu-tunggu akhirnya tiba, Istirahat makan Siang. mereka semua makan dengan sangat lahap,  di tengah-tengah kelelahan yang mereka rasakan mereka masih tetap bersanda gurau dengan teman-temannya sesambil makan..

Dan sehabis istirahat makan kami semua melakukan foto bersama , Upacar penutupan dan penghormatan bagi peserta Ujian terbaik…. hahhahhahah….Sungguh saat-saat yang selalu kami tunggu… kebersamaan kita seperti ini dan Foto keluarga, hehehe…….

Selamat Untuk peserta Ujian yang telah lulus Ujian

semoga di Ujian Badge tahun depan ada lebih banyak lagi calon-calon kenshi hebat seperti kalian.

Selamat

Salam Persaudaraan

HIDUP SHORINJI KEMPO

11 Comments to “Ujian Badge 2010”

  1. smangat,,,,,,,smangat…..!!!!jangan cuma berhenti sampai dapet badge doank…
    sampai dapet suatu kebanggan dari dojo kita tercinta,,apapun itu bentuknya…hehheee
    salut ma smangat smua kenshi dojo smp 7…
    jangan pernah nyerah y smuanya…

    Salam Persaudaraan
    HIDUP SHORINJI KEMPO

  2. oss…mohon semua khensi paham bahwa simpai-simpai menerapkan sikap tegas dan keras agar kita bisa membentuk diri kita yaitu disiplin,saling menghargai/menghormati,bertanggung jawab dan rendah hati…hal inilah yang disebut berjiwa besar jika kita mw menerapkanyan.simpai simpai melakukannya bkan krna sok otoriter dalam memimpin dan membimbing kalian di dojo,melainkan karna bertanggung jawab agar kita selalu bertumbuh bersama dalam kasih persaudaraan.
    tetap semangat…demi tanah air,demi persaudaraan,demi kemanusiaan
    oss…..

    • Oss…

      Benar sekali apa yang Sinpai Leon katakan.
      untuk selruh kenshi, ini belum seberapa. masih banyak yang harus kalian lewati, masih banyak yang harus kalian temui. apa yang kami rasa baik dan berguna pasti akan kami berikan.
      jika ada seorang sinpai yang galak, tegas, disiplin, humoris, emosional bahkan tidak serius dalam melatih. jgn lah itu semua di pandang sebelah mata, tapi jadikanlah itu semua sebagai sebuah pelajaran, karna sifat tersebut adalah mutlak dari sifat” manusia yang pasti akan kalian jumpai di masyarakat, dan tentu nya harapan kami kalian dapat mengayomi sifat” tersebut dan tak larut dalam emosi.
      ingat Berkelahi itu sangat mudah tapi yang paling susah adalah menahan diri untuk tidak berkelahi. oleh karena itu
      “PERANGILAH DIRIMU SEBELUM MEMERANGI ORANG LAIN”

      Mari kita mulai dari hal-hal kecil…

      Gassho Rei..

  3. nanti ak ma temen2 di Buleleng kapan2 latian di dojo ini yach!!

    • WAH….. setuju….

      hehehehhehe……

      kami tunggu deh….

      oya, tgl 29 maret kejuaraan randori di buleleng ya….

      gassho rei

  4. SELAMAT JALAN Sempai GEDE PUTRA SUADNYANA, kami dari PERKEMI DOJO BERAU COAL mengucapkan turut berduka, semoga keluarga tetap tabah dan sabar… “Sempai, walaupn kita belum pernah ketemu langsung, tapi silaturrahim yang terjalin walaupun hanya lewat facebook selama ini, menjadi kenangan terindah… GASSHO REI SEMPAI !”

  5. osht,
    semoga darah kempo mengalir di indonesia kita.

    salam persaudaraan

  6. ayoo tetep semangat kenshi smp 7 ..
    lanjutkan impian sempai gede ..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: