Arti Kejuaraan


Gassho Rei…

Saat saya memberikan tugas kepada kenshi-jenshi saya yang rata-rata umur mereka masih 13-14 tahun saya mendapat bukti emosional yang sangat besar dalam diri mereka. menurut saya ini sangat baik untuk perembangan mereka, terutama ketika mereka berani mengungkapkan apa yang ingin mereka katakan melalui tulisan ini. saya sebagai sinpai mereka sangat yakin suatu saat mereka menjadi sosok yang sabar, dan memiliki jiwa bushido. itu mereka buktikan ketika mereka berlatih, seluruh emosional yang mereka miliki mereka keluarkan saat latihan, Kia! AaAaa…..!!!

berikut tulisan salah satu Kenshi saya (selengkapnya baca .Artikel)

Gassho Rei.. . . . .


ARTI SEBUAH KEJUARAAN

oleh Baskara sang Ode

Menurut saya, kejuaraan itu ialah semacam game yang menggunakan pion sebagai h
sarana nya. Pion yang saya maksud adalah para peserta game yang saling berlomba untuk
menjadi pemenang sekaligus penguasa game tersebut.
Bila di jabarkan, ke juaraan memiliki makna dari setiap kata nya. Yaitu:
K= berarti KEKUATAN
E= berarti ENERGI
J= berarti JUJUR
U= berarti usaha
A= berarti ADIL
R= berarti RAJIN
A= berarti ANTI ANARKI
A= berarti ANTI TAWURAN
N= berarti NGAENANG SPORTIF
Di dalam kejuaraan terdapat sebuah istikah yaitu “LOSER or HERO” yang arti nya
“PECUNDANG atau PAHLAWAN”. “PECUNDANG” bagi yang kalah, sedangkan
“PAHLAWAN” bagi sang pemenang!
Jadi, menurut saya,makna dri sebuah kejuaraan itu ialah untuk mencari dan
mendapatkan pengalaman pengalamn. Ingat “EXPERRIENCE IS THE BEST
TEACHER” yang artinya “PENGALAMAN ADALH GURU YANG TERBAIK”. Maka
itulah, kita takkan bias meraih ke suseksan dalam sebuah kejuaraan bila pengalaman kita
masih sedikit. SEMAKIN BANYAK PENGALAMAN, MAKA SEMAKIN KUAT JATI
DIRI KITA!
Selain itu, bagi saya ada satu ikatan antara arti dan makna dari pengalaman kejuaraan
, yaitu, SPORTIFITAS!
Menang atau kalah adalahhal yang wajar dalam kejuaraan, Yang terpenting dari
semua itu ialah sportifitas yang tinggi, sehingga dapat menumbuhkan semanagt yang
menciptakan persaingan yang sehat dan bersih.
Maka, secara garis besar nya, makna kejuaran bagi saya adalah sebuah pertandingan
yang berlandaskan sportifitas yang bersih dan sehat

Leave a Reply

